Sunday, April 20, 2014

Bahaya dan Resiko Kegemukan Bagi Kesehatan

Sebagian orang beranggapan bahwa kegemukan bukanlah hal yang cukup serius, bahkan banyak yang beranggapan bahwa gemuk adalah salah satu lambang dari kemakmuran sehingga banyak orang yang acuh tak acuh dengan ukuran tubuh yang sudah melebihi berat rata-rata atau sudah ‘over size’. Namun sebagian orang juga menyadari bahwa masalah kegemukan ini dapat menyebabkan bahaya dan resiko bagi kesehatan.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kegemukan, bisa karena faktor makanan yang melebihi ukuran tubuh biasanya karena kebiasaan makan berlebih dan salah memilih makanan, kurang menggunakan energi di mana pemasukan kalori tidak diimbangi dengan aktivitas fisik seperti olahraga, bisa karena faktor keturunan (Penelitian gizi Amerika Serikat) dan faktor hormonal misalnya pada wanita yang sudah mengalami menopause yang menyebabkan menurunnya kerja hormon sehingga menyebabkan menurunnya penggunaan energi. 



Sebagian besar orang mungkin sudah pasrah dengan badan yang sudah kegemukan tapi perlu diketahui bahwa kegemukan dapat berbahaya dan berisiko pada kesehatan. Inilah beberapa resiko memiliki tubuh kegemukan : 

1. Jantung Kroner 

Jika tubuh kegemukan maka akan menyebabkan aliran darah menjadi tidak lancar sehingga jantung bekerja lebih keras dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Ini akan berakibat pada kerusakan jantung. Menurut penelitian bahwa orang gemuk memiliki resiko 10 tahun lebih awal terkena serangan jantung dari pada orang yang normal. 

2. Beresiko Terkena Penyakit Diabetes Melitus  (kencing manis) 

Menurut penelitian bahwa orang gemuk yang sudah mengalami kegemukan selama 18 tahun sangat berisiko terkena penyakit Diabetes melitus.  

3. Radang Sendi 

Orang gemuk memiliki potensi tinggi menderita radang sendi dan dibandingkan dengan pria, wanita berpotensi mengalami 4x lipat terkena radang sendi. Sebuah penelitian mengatakan bahwa dengan berusaha menurunkan berat badan 5 Kg bisa mengurangi potensi penyakit radang sendi sampai 50%.  

4. Terkena Sesak Nafas 

Orang gemuk biasanya memiliki lingkaran leher ‘lebih tinggi’ dari pada orang normal.  Untuk pria jika di atas 43 cm dan wanita di atas 40 cm akan sangat berisiko terkena sesak nafas dan juga berisiko henti nafas ( Sleep apnea). 

5. Hipertensi (darah tinggi) 

Kegemukan dapat menyebabkan tekanan pada pembuluh darah sehingga menjadi lebih sempit, sehingga orang gemuk lebih mudah terkena penyakit hipertensi. 

6. Beresiko terkena kanker payudara 

Kelebihan berat badan beresiko terkena kanker payudara karena lemak yang berlebih dapat 
meningkatkan produksi estrogen di luar ovarium dan menambah tingkat estrogen dalam tubuh. 

7. Mengurangi Gairah Sex 

Sebuah penelitian di Duke University mengatakan bahwa 30% pria yang punya masalah kegemukan mengeluh kurang bergairah untuk berhubungan seks dan ereksinya tidak maksimal serta kadang disertai ejakulasi dini.  

Menurut Martin Binks, PhD yang melakukan penelitian tersebut, salah satu faktornya adalah kadar lemak dan kolesterol dalam tubuh. Pada pria gemuk, lemak dan kolesterol yang tinggi bisa memicu penyempitan pembuluh darah termasuk di daerah batang p*nis.  

Itulah berapa bahaya dan resiko kegemukan bagi kesehatan. Untuk mengatasi masalah kegemukan tentunya dengan mengubah gaya hidup kita dan yang terpenting adalah kemauan karena ‘kegemukan bukan takdir’. 

Cara terbaik untuk menurunkan berat badan cukup efektif dan sudah terbukti yaitu dengan diet dengan cara OCT master Deddy Corbuzier tetapi juga harus memperhatikan aspek diet yang sehat

Bahaya dan Resiko Kegemukan Bagi Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sulham Syahid

1 komentar: