Saturday, February 22, 2014

Buka Usaha Toko Kelontong? Ini Dia Tips Suksesnya

Pernah liat sinetron yang super panjang di salah satu stasiun TV Nasional tentang ****naik haji? Nah di sana salah satu tokoh utamanya bisa sukses bahkan naik haji dua kali dengan hanya membuka usaha toko kelontong. Di dunia nyata kisah sukses macam itu bukan mustahil terjadi.
Jadi jangan berkecil hati kalau Anda “hanya” memiliki sebuah usaha toko kelontong. Karena sebenarnya dari usaha skala rakyat kecil ini saja, Anda bisa mengeruk hasil jutaan bahkan puluhan juta. Asal Anda tahu tips suksesnya dalam membuka usaha toko kelontong.


Pasalnya, toko kelontong sendiri adalah sebuah kebutuhan di masyarakat. Toko kelontong menjadi pilihan banyak orang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, hingga menjadi pelarian darurat kala kehabisan stok sabun atau mie instant. Toko kelontong pula yang akan disabangi pertama kala konsumen mendadak butuh camilan.

Nah…untuk Anda pemilik usaha toko kelontong, ini dia tips sukses usaha toko kelontong yang wajib Anda jalankan kalau mau setidaknya mendekati kesuksesan pak haji dua kali.

1. Lokasi terbaik

Salah satu kunci utama sebuah toko kelontong adalah lokasi. Kalau lokasi rumah Anda berada di tengah pemukiman, dekat dengan kawasan pelajar atau dekat jalan raya, maka Anda memang sudah memiliki kartu As untuk memulai usaha toko kelontong. Lokasi yang strategis akan memudahkan Anda memperoleh konsumen.

2. Isi yang lengkap

Semua orang berharap bisa menemukan “apa saja” di toko kelontong. Jadi siapkan modal yang cukup besar, karena Anda harus menyediakan beragam barang dagangan di toko kelontong Anda, mulai dari kebutuhan rumah tangga, kebutuhan bayi, aneka minuman instant, obat sampai alat tulis dan jajanan anak. Semakin lengkap toko Anda, semakin banyak orang yang akan datang ke toko Anda.

3. Berdagang dengan jujur dan ramah

Klise memang, tetapi sangat manjur. Sekali seorang pembeli merasa Anda curangi dengan timbangan atau kembalian uang, mereka bisa jadi akan jera datang ke toko Anda. Begitu pula bila Anda bersikap jutek. Konsumen selalu mempunyai ego untuk Anda layani dengan ramah, jadi biasanya mereka enggan datang ke toko yang penjaganya pasang muka merengut setiap hari.

4. Komunikatif dan sensitif terhadap pasar

Menjadi ramah saja belum cukup, Anda harus mampu mengerti apa yang menjadi kebutuhan konsumen Anda. Jadi dengarkan suara dari mereka. Dari sinilah Anda tau produk apa yang sebaiknya Anda sediakan lebih banyak, mana yang sebaiknya tidak usah Anda jajakan dan mana yang perlu Anda sediakan dalam jumlah terbatas.

5. Perhatikan tanggal kadaluarsa

Semua toko kelontong sudah pasti akan menjual aneka makanan dan minuman. Salah satu kesalahan fatal yang kerap terjadi adalah mengabaikan tanggal kadaluarsa. Saat ini kesadaran konsumen semakin tinggi, mereka sudah tau bahaya dari makanan kadaluarsa. Anda juga tidak mau kan dituntut gara-gara menjual makanan kadaluarsa?

6. Jam buka jelas dan lebih panjang

Di jam 9 malam ketika konsumen mendadak harus membeli sesuatu dan semua toko kelontong sudah tutup, setidaknya Anda bisa menjadi pilihan terakhir mereka. Peluang ini bisa menjadi jalan keberhasilan usaha toko kelontong Anda. Selain itu, berikan keterangan jelas bila toko Anda akan tutup, kapan akan buka kembali. Jangan terlalu sering buka dan tutup dengan jadwal tidak jelas, lama-lama konsumen enggan datang karena takut kecewa.

7. Perhatikan setiap konsumen sama baiknya

Satu penyakit buruk penjual kelontong adalah bersikap ekstra ramah pada kenalan baik, bahkan sampai ngobrol panjang lebar dan mengabaikan pembeli lain. Lama-lama pembeli lain jengah menunggu dan enggan datang lagi. Jadi perlakukan setiap konsumen sama baiknya, sekalipun konsumen tersebut sebenarnya pelanggan toko pesaing Anda.

Sekarang, coba praktekan 7 tips sukses usaha toko kelontong ini. Anda bisa buktikan dan lihat hasilnya setelah beberapa bulan, usaha Anda pasti menunjukan progress.

Buka Usaha Toko Kelontong? Ini Dia Tips Suksesnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sulham Syahid

0 komentar: