Wednesday, February 12, 2014

Usaha Rumahan Menjanjikan Yang Unik Usaha Ternak Jangkrik

Usaha rumahan menjanjikan, Usaha Ternak Jangkrik - Bagi sebagian besar Anda mungkin melihat jangkrik tak lebih sebagai serangga malam yang berisik di malam-malam musim kemarau. Siapa sangka dari binatang dengan suara gemerisiknya yang nyaring ini Anda bisa mengembangkan usaha rumahan menjanjikan.



Malah dari membuka ternak jangkrik kecil-kecilan di rumah saja Anda sudah bisa menghasilkan untung besar bahkan mencapai jutaan dan ratusan juta. Padahal dengan modal yang kecil dan hanya memanfaatkan ruang sisa di halaman rumah Anda saja. Sangat menarik bukan?

Ternyata diam-diam harga pasaran dari jangkrik hidup di pasar cukup tinggi dengan permintaan yang juga cukup menjulang. Saat ini permintaan tertinggi datang dari para penghobi burung kicauan dan ikan hias. Konon burung kicauan akan lebih nyaring nyanyiannya bila diberi makan jangkrik dan ikan hias akan lebih memancar warna kulitnya bila mendapat asupan jangkrik.

Itu sebabnya pula kini, permintaan jangkrik terus meningkat dan harga terus merambat naik. Saat ini harga perkilo jangkrik hidup mencapai 50 ribu hingga 70 ribu perkilonya. Bisa Anda bayangkan kalau dalam satu bulan saja Anda bisa menjual setidaknya 10 kilo maka dalam satu bulan Anda bisa menghasilkan setidaknya 700 ribu.

Menariknya Anda bisa membuka usaha dengan cara murah meriah. Cukup dengan membuka dua buah kandang di sisi pojok halaman rumah Anda yang redup cahaya. Cukup berukuran sekitar  1M3 untuk masing-masing kandang. Isi kandang dengan dedaunan dan alas pasir sebagai perindang. Masukan sekitar 50 ekor indukkan jangkrik dan biarkan mereka saling membuahi hingga bertelur.

Pindahkan telur di wadah kandang berikutnya, jaga kelembabannya dengan menyemprotkan air halus secara berkala. Tunggu hingga menetas dan siap Anda biakan.  Biasanya telur jangkrik membutuhkan waktu 15 hari untuk menetas.

Ketika jangkrik mudah menetas, biasanya juga membutuhkan kisaran 20 hari untuk kemudian bisa Anda panen. Selama masa pembesaran inilah Anda harus cukup tekun untuk menjaga dan memberi makan si jangkrik muda yang masih sangat rentan dan sensitif.

Meski prosesnya sedikit rumit, hasilnya ternyata sangat menggiurkan. Dari dua kandang dengan biaya sekitar 200 ribu dan indukan 50 ekor, Anda bisa menghasilkan sekitar 10 kilo jangkrik dewasa siap panen setiap bulannya.

Tidak heran kalau banyak pelaku usaha ternak jangkrik kemudian menyulap usaha rumahan menjanjikan ini menjadi skala besar. Dari sekedar 2 -3 kandang menjadi 100 kandang. Bahkan banyak yang memulai usaha rumahan menjanjikan ini langsung dengan dari skala besar.

Seperti halnya Daniel Mahendra dari Kalimantan Timur yang mengawali usaha budidaya jangkriknya pada tahun 2009. Beliau langsung memulai dari 14 kandang dengan mengambil alih usaha ternak jangkrik seorang teman yang tidak berjalan dengan harga 9 juta.

Memelihara jangkrik hingga belasan kandang membutuhkan waktu lebih banyak, sehingga sebaiknya bukan lagi menjadi sekedar pekerjaan sampingan. Itu sebabnya, rekan Daniel melepas usaha jangkriknya, karena beliau masih sibuk dengan pekerjaan utamanya.

Dalam 5 tahun, kini usaha ternak jangkrik milik Daniel sudah menjadi usaha budidaya besar, dengan 100 kandang dan 100 kilo per hari. Bisa Anda lihat sendiri, artinya dalam satu bulan Daniel sudah membukukan omset ratusan juta.

Kini Daniel bisa menata masa depannya dari hanya bergantung pada usaha rumahan ternak jangkrik ini. Malah lebih dari itu, kini Daniel menjadi jutawan dari jangkrik? Anda juga tertarik mengantongi jutaan dari jangkrik?

Usaha Rumahan Menjanjikan Yang Unik Usaha Ternak Jangkrik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sulham Syahid

0 komentar: