Tuesday, February 25, 2014

Sukseskan Bisnis Café Anda Dengan Beberapa Strategi Bisnis Ala Café Terkenal

Semenjak masuknya beberapa café brand internasional di pasar Indonesia yang dengan sukses membandrol kopi menjadi produk mewah, kini bisnis café menjamur di Indonesia. Anda bisa menjumpai setidaknya 5 café di sebuah mall, 5 lagi di sebuah gedung perkantoran dan 5 lagi di jalan-jalan utama dan pusat tongkrongan. Belum lagi dengan adanya booth-booth kecil yang menjual kopi take away.



Tidak heran kalau usaha ini bisa demikian berkembang, pasar dari sajian minuman kopi ini memang sangat besar. Berdasar data dipasar komoditas saja, permintaan kopi internal Indonesia termasuk dalam 10 besar di dunia.

Hanya saja dengan persaingan demikian ketat, rasanya kurang tepat bila Anda hanya mengandalkan kesuksesan bisnis café Anda hanya dari tingginya permintaan di pasar. Anda harus mampu menemukan strategi bisnis terbaik untuk bisnis café milik Anda untuk bisa merebut porsi dalam pasar.

Bila Anda tidak punya bayangan, bagaimana strategi café tepat untuk mendatangkan konsumen, Anda bisa contek beberapa strategi bisnis café besar ini sebagai referensi.

1. Buat café yang berbeda

Bila Anda perhatikan kebanyakan café di banyak tempat memiliki konsep desain dan sajian yang serupa. Bila bisnis café milik Anda tampil dengan sentuhan berbeda bisa jadi Anda akan merebut pasar secara spesifik. Misalkan mengusung konsep tradisional secara modern, dengan café berkonsep joglo ala Jawa atau rumah panggung ala Sumatera. Apalagi kalau Anda juga menyajikan kopi khas nusantara seperti dari kawasan Wamena Papua atau dari Flores yang memiliki rasa khas namun belum sepopuler kopi Sumatera. Konsep unik ini bisa jadi akan memikat para ekspatriat untuk menyesap kopi buatan café Anda.

2. Jadikan kopi sebagai pendamping sajian utama

Beberapa café menghadirkan kopi secara samar. Aktor utamanya justru produk lain seperti donat, waffle, kue cokelat atau malah kue mochi. Produk makanan ringan ini yang dipopulerkan di pasaran. Tetapi selain sajian makanan ringan ini, juga terdapat sajian minuman kopi aneka rasa sebagai sajian pendamping. Pada akhirnya konsumen akan membeli kopi dari café Anda, ketika mereka akan menikmati makanan ringan di café Anda.

3. Berbeda dengan rasa

Banyak orang sangat menyukai petualangan rasa, itu sebabnya wisata kuliner bisa menjadi sangat populer. Anda juga bisa mencoba menawarkan petualangan rasa dalam café Anda. Anda pernah mendengar kopi joss ala Yogya atau kopi sibu-sibu ala Maluku? Racikan unik yang berbeda menjadi daya tarik usaha kecil warung kopi di banyak sudut kota di Nusantara. Kenapa ide serupa tidak Anda adaptasi untuk menarik rasa penasaran konsumen? Kalau rasa kopi racikan Anda memang enak, mereka yang penasaran pasti akan datang kembali.

4. Selenggarakan event dalam café

Kalau ide ini sih mungkin Anda sudah mulai sering dengar. Banyak café yang menyelenggarakan acara nobar, acara akustik musik, jamz season hingga acara fashion show. Tapi jangan hanya terpaku pada ide acara yang itu-itu saja. Coba ide anyar seperti acara stand up comedy, pementasan puisi atau pementasan lukisan pasir. Event-event ini akan mendatangkan pengunjung ke café Anda dan nantinya mereka akan mengenal hidangan dan minuman di café Anda. Sekali lagi kalau hidangan dan minuman racikan Anda memang enak, mereka akan datang kembali ke café Anda.

Itu tadi beberapa ide yang cukup jitu menghantarkan beberapa bisnis café besar di Indonesia menjadi café terkenal dengan share konsumen yang besar. Bagaimana dengan pengalaman bisnis café Anda, adakah ide brilian lain dalam strategi bisnis Anda yang bisa mendatangkan konsumen?

Sukseskan Bisnis Café Anda Dengan Beberapa Strategi Bisnis Ala Café Terkenal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sulham Syahid

0 komentar: