Wednesday, February 19, 2014

Langkah Usaha Sukses, Mengenali 7 Kesalahan Fatal Dalam Memasang Harga

Salah satu langkah usaha sukses yang harus Anda lakukan pada bisnis Anda adalah mengenali bagaimana cara menghindari kesalahan. Untuk itu Anda perlu mengidentifikasi kesalahan-kesalahan yang umum terjadi dan dilakukan oleh para pelaku bisnis. Itu untuk memberi Anda benang pembatas dalam mengambil langkah strategis.

Salah satu langkah strategis penting dalam bisnis adalah memasang harga produk. Di sini tidak sedikit kesalahan yang terjadi sehingga harga yang terpasang pada produk justru mengantarkan Anda masuk pada persoalan baru dalam roda usaha Anda.

Karenanya, sebelum Anda menempuh langkah strategis dalam memasang harga produk, sebaiknya Anda menjalankan langkah usaha sukses dengan mengenali beberapa kesalahan typical yang terjadi dalam penentuan harga.

Berikut ini 7 kesalahan fatal dalam menentukan harga.



1. Mematok margin sama rata

Produk yang satu dengan yang lain bisa jadi memiliki potensi yang berbeda. Ada beberapa sangat laku di pasaran, ada beberapa hanya sebagai produk substitusi dan beberapa yang lain justru bisa Anda kategorikan produk lux. Jadi jangan perlakukan setiap produk dengan sama, termasuk dengan tidak mematok margin sama rata.

2. Mengabaikan biaya dalam porsi kecil

Setiap produk memiliki harga pokok penjualan masing-masing. Pastikan Anda sudah menghitung HPP dengan sangat cermat tanpa melewatkan satupun komponen biaya, sekecil apapun porsinya. Anda abaikan nilai Rp 10, - saja bisa menjadi Rp 10.000,- bila Anda kalikan 1000 produk.

3. Pasang Margin terlalu rendah

Boleh saja Anda terjebak dalam persaingan ketat, tetapi jangan sampai Anda terbawa arus persaingan harga. Karena Anda akan terdorong menekan harga serendah mungkin hingga akhirnya margin (tingkat keuntungan) Anda terlalu kecil. Anda bukan sedang bakti sosial kan?

4. Pasang Margin terlalu tinggi

Ada beberapa produk yang bisa Anda kenakan harga yang jauh melebihi HPPnya. Tetapi tidak semua produk benar-benar bisa Anda perlakukan demikian. Karena bisa jadi Anda justru terjerumus memasang harga terlalu mahal. Siapa yang mau membeli barang mahal yang tidak sesuai dengan kelas produknya?

5. Pasang diskon terlalu besar

Anda kenakan margin 20 % lalu kala musim diskon Anda pasang potongan 50%, Anda jelas bukan untung malah buntung. Jadi berhati-hati pasang diskon, pastikan Anda sudah menghitung dengan cermat. Bukan mustahil Anda pasang diskon 70%, asal Anda memang sudah pastikan keuntungan Anda masih aman.

6. Mengabaikan biaya non fisik

Produk Anda boleh jadi hanya menggunakan bahan murah meriah, tetapi bila dalam proses produksi Anda membutuhkan kreatifitas yang langka atau kesulitan pembuatan yang cukup tinggi, Anda tidak bisa menjualnya dengan harga murah. Karena kreatifitas dan pekerjaan tangan yang rumit memiliki nilai ekonomis, meski tidak nampak atau non fisik. Bukan mustahil produk dengan biaya bahan baku hanya berkisar 20 ribu Anda jual dengan harga 500 ribu, karena kerumitan pembuatannya.

 7. Mematok harga terlalu ketat

Terlalu pelit memberi diskon atau tidak ada toleransi harga untuk pelanggan lama, rasanya sikap ini justru akan menjauhkan usaha Anda dari sukses. Anda harus cukup luwes dengan konsep termin, harga grosir, harga promo dan sebagainya. Selama Anda masih memasang harga dalam kawasan aman, Anda tidak akan rugi, justru bisa mendatangkan pembelian baru.

Kini Anda sudah mengenali 7 kesalahan fatal dalam memasang harga kan? Setelah menjalankan salah satu langkah usaha sukses yakni identifikasi kesalahan, Anda tinggal menjalankan langkah strategis menentukan harga kan? Jangan sampai salah memasang harga produk ya…

Langkah Usaha Sukses, Mengenali 7 Kesalahan Fatal Dalam Memasang Harga Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mas Naeni

0 komentar: