Wednesday, February 19, 2014

Hal yang harus Anda perhatikan ketika berbicara dengan orang lain (Seni berbicara)

Sebagai makluk sosial, hal yang tidak bisa kita hindari adalah berkomunikasi dengan orang lain. Berkomunikasi yang sehat akan membawa kita menjadi pribadi yang disenangi dan dihargai oleh orang lain. Salah satu hal yang penting dalam berkomunikasi adalah kita harus mengenal dan memahami seni berbicara yang memperhatikan kesopanan dengan lawan berbicara kita. Jika tidak, sebuah percakapan bisa merusak, menimbulkan kebosanan bahkan menimbulkan kebencian.

Agar hal tersebut tidak terjadi, maka kita harus memperhatikan beberapa hal ketika berbicara dengan orang lain. Untuk menciptakan seni berbicara yang baik maka kita harus memperhatikan hal-hal ini :



1. Tidak memotong pembicaraan orang lain

Memotong pembicaraan orang lain akan menyebabkan orang yang berbicara merasa tidak diperdulikan dan dihargai. Jika orang lain berbicara maka bersabarlah sampai lawan berbicara kita selesai berbicara. Hal yang paling baik yang kita lakukan adalah mendahulukan orang lain dan menganggap mereka lebih penting. Hal ini juga membuat Anda dihargai pula ketika Anda berbicara.

2. Tidak mendominasi pembicaraan

Mendominasi percakapan dan merasa pendapat kita paling benar akan menyebabkan orang lain merasa bosan bahkan merasa jengkel dengan kita. Ingat, bahwa setiap orang mempunyai hak dan kesempatan untuk mengutarkan pendapatnya. Berikanlah kesempatan kepada mereka untuk berbicara dan mengutarkan pendapatnya karena terlalu mengeluarkan banyak kata-kata juga tidak baik.

3. Tidak berlagak tahu selaganya

Sepintar apa pun Anda dan seluas apa pun wawasan Anda, belum tentu Anda tahu segala hal. Kalau pun Anda mengetahui banyak hal, jagalah sikap Anda sehingga tidak terkesan sombong dan berlagak tahu selaga hal. Tetaplah rendah hati ketika menyampaikan hal yang Anda tahu sehingga Anda tidak dipandang sebagai orang yang berlagak tahu.

4. Tidak membicarakan diri sendiri

Ketika berbicara dengan orang lain maka berhati-hatilah ketika menceritakan kehebatan Anda, karena mungkin Anda tidak bermaksud menyombongkan diri tetapi orang lain menganggap seperti itu. Ingat bahwa setiap orang masing-masing memiliki penilaian dan tanggapan yang berbeda.
Jika Anda ingin memotivasi seseorang dengan kemampuan atau kesuksesan Anda maka sampaikan seperluhnya saja dan jangan tergoda untuk menyombongkan diri.

5. Tidak berbicara kepada satu orang saja

Jika Anda sedang bersama dengan beberapa orang, tunjukkanlah pembicaraan Anda untuk semua orang. Jika tidak, maka orang lain akan merasa tidak diikut sertakan dan diabaikan dalam pembicaraan tersebut. Hal ini bisa mengudang perpecahan.

6. Tidak menggunakan bahasa daerah ataupun bahasa asing

Jangan menggunakan bahasa daerah ataupun bahasa asing ketika Anda berbicara dengan semua orang. Jika Anda melakukan hal ini, maka orang lain yang tidak mengerti bahasa yang Anda gunakan akan berpikir Anda sedang membicarakan mereka. Meskipun hal itu tidak tetapi ingat yang bahwa orang memiliki pandang yang berbeda.

Gunakanlah bahasa yang semua orang mengerti agar tidak menimbulkan kecurigaan, kebencian sehingga kita damai sejahtera.

7. Tidak mematikan pembicaraan orang lain

Jangan langsung mematikan pembicaraan orang lain dengan mengatakan bahwa pendapatnya itu salah.  Jika Anda melakukan hal itu, bisa saja lawan bicara Anda tidak mau lagi menyampaikan pendapatnya. Maka pakailah cara yang bijaksana yang menjujung tinggi kesopanan sehingga orang yang kita beri saran akan senang hati menerimanya.

8. Tidak memaksakan diri sendiri

Terkadang kita merasa bahwa pendapat kita yang paling benar jadi tidak heran jika orang biasanya ngotot dan memaksakan pendapatnya sendiri. Usakan jangan memaksakan lawan bicara Anda untuk menerima mentah-mentah pendapat Anda tersebut karena ada juga kemungkinan lawan bicara Anda benar jika dilihat dari sudut pandang yang berbeda. Maka bicara dengan bijak agar mendapatkan kesepakatan yang dapat diterima oleh semua orang.

9. Tanggapilah ketika orang berbicara

Sebagaimana Anda mengharapkan orang lain memberikan tanggapan ketika Anda berbicara, maka berilah tanggapan jika lawan bicara Anda berbicara. Dengan itu, ia tidak merasa Anda mengaikannya.

Itulah beberapa hal umum yang harus kita perhatikan ketika berbicara dengan orang lain. Jika selalu menerapkan seni berbicara sopan santun dengan lawan bicara kita maka Anda akan menjadi teman yang baik dan disukai oleh selama.

Hal yang harus Anda perhatikan ketika berbicara dengan orang lain (Seni berbicara) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sulham Syahid

0 komentar: