Friday, February 21, 2014

Cara mengatasi masuk angin dengan obat alami

Penyakit yang satu ini merupakan penyakit yang sangat sering kita temui khususnya di musim hujan yaitu masuk angin. Penyakit ini menyebabkan badan kita menjadi lemas sesaat dan gejala yang sering timbul adalah pusing, flu dan juga kembung yang disebabkan karena badan anda terkana hembusan angin yang terus-menerus sehingga angin hembusan itu masuk ke dalam badan anda dan mennyebabkan Masuk Angin. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang tips dan cara mengatasi masuk angin tanpa harus minum obat modern tetapi cara mengobati secara alami.



Tradisi masyarakat Indonesia terutama orang jawa mengatasi masuk angin jika terkena masuk angin pasti akan dikerok atau digosok menggunakan uang logam dengan diolesi balsem ataupun penghangat lainnya di  bagian punggungnya dan memang cara ini cukup efektif untuk mengusir angin yang ada di anda kita, namun terdapat cara lain untuk menangkal masuk angin,antara lain :

1. Gunakan Pakaian Yang Hangat

Langkah pertama yang harus anda lakukan menggunakan pakaian yang bisa menghangatkan tubuh anda misalnya jaket. Hal ini dilakukan agar menjaga tubuh kita agar selalu hangat dan terhindar dari hembusan angin. Hal ini cukup efektif agar tidak terhidar dari masuk angin.

2. Minumlah Sari Jahe

Untuk langkah berikutnya, kami menyarankan minumlah sari jahe atau minuman yang menghangatkan tubuh. Hal ini bertujuan agar badan kita menjadi lebih hangat karena telah meminum minuman yang hangat di dalam tubuh dan juga hindari minuman yang dingin seperti es karena minuman dingin malah membuat kondisi tubuh anda makin memburuk.

3. Mengkonsumsi bawang putih

Bawang putih adalah salah satu obat alami untuk mengatasi masuk angin yang sudah terbukti ampuh. Kandungan zat allicin yang tinggi yang terdapat dalam bawang putih dapat berfungsi sebagai penghambat pertumbuhan bakteri dan virus di dalam tubuh kita.

Cara terbaik untuk mengkonsumsi bawang putih adalah dengan mencampurkannya ke dalam makanan misalnya sayur. Alternatif paling baik adalah mengkonsumsi sup bawang.

4. Campuran madu, teh dan lemon

Madu mempunyai kandungan gizi yang dapat mempercepat proses regulasi dan peremajaan sel kulit kita. Teh mempunyai anti-oksidan tinggi sehingga dapat menghambat pertumbuhan bakteri serta lemon mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita.

Untuk mengobati masuk angin, silahkan anda campurkan madu dan teh dan lemon. Ramuan ini cukup efektif mengatasi masuk angin.

5. Ramuan dari sebusan daun pepaya

Daun pepaya memiliki anti-oksidan tinggi sehingga dapat digunakan sebagai obat masuk angin. Caranya dengan mengambil daun pepaya lalu dibersihkan kemudian direbus sampai mendidih. Setelah rebusan daun pepaya dingin, silahkan anda minum. Hal ini cukup efektif dalam mengatasi masuk angin.

6. Mengatur Pola Makan Yang Baik

Pola makan juga perlu dijaga secara baik agar kondisi tubuh anda selalu sehat. Jika dalam kondisi sakit namun perut anda kosong maka kondisi tubuh anda akan semakin memburuk dan akhirnya drop. Maka dari itu aturlah pola makan yang teratur dan makan makanan yang bergizi seperti sayur-sayuran, buah dan lainnya.

7. Istirahat Yang Cukup

Anda juga perlu mengistirahatkan badan anda terutama organ-organ dalam seperti mata, otak dan juga pikiran dan juga untuk memulihkan keseluruhan kesehata anda, anda dapat beristirahat dengan tidur minimal selama  15 jam untuk membuat badan menjadi lebih sehat dari sebelumnya.

Itulah tadi ulasan menganai cara mengatasi masuk angin, semoga sharing kali ini bisa bermanfaat buat anda.

Cara mengatasi masuk angin dengan obat alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sulham Syahid

0 komentar: