Thursday, December 26, 2013

Penyebab Laptop/Komputer Lambat dan Cara Mengatasinya

Cemumut.com - Penyebab Laptop atau Komputer Lambat dan Cara Mengatasinya. Laptop atau komputer lambat atau istilah kerennya lemot tentunya akan membuat kita merasa jengkel dan frustasi apalagi ada hal penting yang harus dikerjakan dan waktunya mendesak.




Penyebab laptop atau komputer lambat sebenarnya banyak, jadi untuk mengatasinya kita perlu mengetahui masalah yang menyebabkan lambat tersebut. Ini ada beberapa penyebab laptop dan komputer lambat serta solusinya :


1. Program di start UP yang terlalu banyak 

Program Start up merupakan program yang bekerja pada saat laptop atau komputer pertama kali diaktifkan. Hubungan antara komputer lambat dengan banyaknya star up adalah "semakin banyak program star up yang berkerja maka semakin lama loading laptop Anda

Solusinya adalah hindari pemakaina banyak start Up dalam waktu bersamaan dan hanya menggunakan program yang diperlukan saja.

Untuk menonaktifkan program star up yang tidak dibutuhkan :

1. Pertama masuk ke Control Panel dan klik Administrative Tools
2. Kemudian double klik pada System Configurations
3. Setelah terbuka jendela System Configurations > tab pada menu Startup
4. Hilangkan Tanda Centang pada daftar aplikasi yang tidak kita inginkan saat Startup komputer

Untuk di windows 8, bisa lihat dipostingan ini : Cara Menyembunyikan Aplikasi yang selalu Startup di windows 8

2. Karena Virus

Penyebab lain komputer atau laptop lambat karena serangan virus. Efek dari serangan virus yang membuat beberapa komponen kurang maksimal dalam bekerja. Jika hal tersebut terjadi maka segeralah untuk membersihkannya dengan melakukan scan dengan antivirus.

Solusinya :

Serangan virus dapat ditanggulangi dengan menggunakan Perangkat lunak antivirus. Jenis perangkat lunak ini dapat juga mendeteksi dan menghapus virus komputer. Virus komputer ini dapat dihapus dengan basis data (databaseSignature-based detection), heuristik, atau peringkat dari program itu sendiri (Quantum).

Saya sarankan untuk menggunakan antivirus Avira premium atau Avast dan smadav pro karena antivirus ini tidak terlalu 'berat' tapi daya deteksinya sangat bagus. Catatan, jangan menggunakan antivirus luar secara bersamaan misalnya Avira dan Avast tapi gunakanlah gabungan antara antivirus luar dan antivirus lokal. Misalnya Avira dengan smadav. 


Tambahan :

Jangan menggunakan antivirus terlalu banyak karena akan berdampak buruk pada laptop dan juga komputer kita. Pilih 1 antivirus luar dan 1 antivius lokal yang kalian percaya dan yang terpenting adalah kita rutin dalam update antivirus tersebut.

Untuk mengatasi virus shortcut bisa juga dilihat pada postingan ini : Cara Cepat Mengatasi dan Menghilangkan virus shortcut di Flashdisk.

3. Kekurangan Memory ditambah dan terlalu banyak program yang terinstall

Faktor lain yang menyebabkan laptop atau komputer lambat yaitu karena kekurangan memory ditambah lagi banyak aplikasi yang terinstall atau terpasang. Minimnya ruang memory penyimpanan di dalam komputer kita akan menyebabkan aplikasi sangat lama terbuka atau lambat.

Solusi untuk kekurangan memory :
Gunakan OS yang sesuai dengan kemampuan memori laptop Anda. Jika Laptop atau komputer Anda memilikki hanya 1gb RAM (Random aksess memory) atau lebih kecil maka gunakanlah windows XP. Jika lebih besar dari 1Gb, Anda bisa menggunakan windows 7 atau 8. Atau Anda bisa melakukan upgrade memory untuk memperbesar memori dari laptop/komputer Anda.

Untuk Anda yang ingin melakukan installan windows xp, bisa baca pada postingan ini : Cara install windows xp dengan USB flashdisk (Dilengkapi Gambar)

Solusi untuk terlalu banyak program :

Gunakan aplikasi / program yang hanya Anda ingin gunakan. Lakukan uninstall pada program yang menurut Anda kurang penting dan jarang sekali digunakan. 

Untuk unistall program yang tidak digunakan, bisa dengan masuk ke Kontrol panel kemudian pilih program > uninstall program. Tinggal klik saja aplikasi yang menurut Anda tidak penting.

4. File temp. yang terlalu besar
Melakukan akses komputer melalui komputer kita, maka komputer akan menyimpan beberapa data kedalam folder temp. Pada saat folder ini sudah sangat besar, bisa jadi ini akan memperlambat kinerja laptop atau komputer Anda. 

Solusinya :Cara yang paling mudah adalah dengan membersihkan folder tersebut dengan menggunakan software Ccleaner.
Untuk mendownload ccleaner, klik di sini 

Cara menjalankan, install ccleaner yang sudah anda download
1. Buka aplikasi ccleaner
2. klik analyze lalu tunggu sampai proses selesai.
3. Bersihkan file temp, klik tombol run cleaner.


5. Kerusakan pada komponen Laptop dan komputer

Jika terjadi kerusakan pada komponen Laptop dan komputer ini akan membuat laptop/komputer Anda kinerjanya melambat. Misalnya saja pada komponen hardisk, Hardisk adalah komponen yang paling peka. Contohnya adalah hardisk bad sector. Laptop atau Komputer anda akan bekerja sangat lambat sekali jika terjadi kerusakan seperti ini. 

Solusinya adalah mengganti dengan hardisk baru. 

Itulah tadi ulasan penyebab laptop atau komputer lambat serta cara untuk mengatasinya. Jika Ada pertanyaan silahkan komentar di bawah atau bisa lewat twitter saya @sulhamsyahid

Semoga bermanfaat, terima kasih.

Penyebab Laptop/Komputer Lambat dan Cara Mengatasinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sulham Syahid