Tuesday, December 3, 2013

Cara Paling Efektif dan Ampuh Mengatasi Kebiasaan Menunda

Cemumut.com - Cara Paling Efektif  dan Ampuh Mengatasi Kebiasaan Menunda - Tidak bisa kita pungkiri bahwa kebiasaan menunda adalah ada di setiap diri manusia. Akan tetapi ada orang yang mampu mengatasi dan menghilangkan penundaan tersebut dan ada juga berada pada zona nyaman kebisaan menunda tersebut.



Kebiasaan menunda adalah hal yang paling banyak menghalangi kesuksesan seseorang. Percayalah. Jika kita masih belum bisa mengatasi kebiasaan menunda dalam diri kita, maka kesuksesan hanya menjadi impian kosong dalam hidup kita. 

Bagaimana cara mengatasi dan menghilangkan kebiasaan menunda? Ya, Anda harus mengenali kenapa Anda sering melakukan penundaan kemudian melakukan hal yang bisa mengatasinya. Ini ada beberapa asalan orang melakukan penundaan dan cara untuk mengatasinya :


1. Terjabak Dalam Rasa malas

Kebiasaan menunda biasanya muncul karena terlalu letih secara fisik dan emosi. Akibatnya kita mengambil waktu untuk istirahat hanya bentar dan akhirnya kita terjebak dalam suasana tersebut. Biasanya ketika kita berhenti maka kecenderungan untuk bergerak lagi menjadi makin berat akibatnya munculnya rasa malas untuk bertindak menyelesaikan suatu tugas. Ketika rasa malas muncul maka beratlah untuk memulai sesuatu karena kita sudah berada pada zona nyaman.

Cara mengatasi kebiasaan menunda karena rasa malas bisa dengan tergerak, Bergeraklah! Bangkitlah dari Kursi Anda! Lakukan olahraga kecil, lakukan tindakan kecil. Jangan biarkan diri Anda diam tak melakukan apapun. Perlu Anda ketehui bahwa orang yang tubuhnya bugar lebih mampu mengatasi berbagai rintangan dalam sebuah pekerjaan.


2. Karena Mengalami Stres


Saat seseorang stres maka sangatlah susah untuk bisa bekerja dengan produktif. Dalam situasi tersebut menunda sering kali menjadi salah satu pilihan yang sering diambil. Namun perlu diketahui bahwa itu hanyanya bersifat sementara. Yah, Menunda hanyalah menghilangkan sementara stres akan tetapi tidak menyelesaikan masalah dan berpotensi membuat pekerjaan menumpuk.

Cara mengatasi kebiasaan menunda karena stress, bisa dengan melakukan meluangkan waktu untuk menyenangkan bagi Anda seperti pergi ke pantai, nonton bioskop, karokean, bersepeda, berenang, atau melakukan kegiatan yang merupakan hobby Anda.


3. Selalu Ingin perfeksionis 


Salah satu sebab penundaan yang cukup sering adalah ingin perfeksionis yaitu keinginan untuk melakukan segala sesuatu setelah semuanya sempurna yang akhirnya membuat kita menunda melakukan rencana-rencana kita untuk menunggu ‘waktu yang tepat’.

Yang perluh Anda konsep dalam diri Anda adalah  "tidak ada yang sempurna karena segala sesuatu pasti bisa dibuat lebih baik. Kesempurnaan adalah resep utama untuk stres"



4 Terjebak pada berbagai banyak jadwal dan tumpukan tugas


Ketika Anda memiliki tugas lebih banyak dari waktu yang tersedia sehingga tiba-tiba dipikiran kekurangan waktu untuk menyelesaikan tumpukan tugas yang makin lama makin bertambah dan jadwal pun kita padat sehingga kita merasa terjebak dalam tumpukan jadwal dan tugas yang seakan tiada akhir. Kadang melakukan penundaan menjadi reaksi yang yang tidak Anda sadari. Anda tidak bermaksud menunda sebenarnya tetapi itu terjadi.

Cara mengatasinya dengan anda menghilangkan hal-hal yang ingin dilakukan yang sebenarnya kurang bernilai untuk dilakukan jadi buatlah skala prioritas.

5. Kurangnya disiplin

Jika disiplin kita rendah maka penundaan akan menyelinap masuk dan menguasai diri kita. Oleh karena itu Anda harus benar-benar meniatkan diri untuk menyelesaikan tugas, tidak peduli apakah itu menyenangkan atau tidak. Tanamkan dalam diri Anda bahwa justru hal-hal tidak enaklah yang akan membuat Anda sukses.

Memang mudah mengerjakan hal-hal yang kita suka namun kesuksesan seringkali menuntut kita harus mengerjakan hal yang kita kurang sukai namun diperlukan untuk mewujudkan tujuan yang ingin dicapai.

6. Buruknya manajemen diri karena kebiasaan buruk

Salah satu contoh kebiasaan buruk yang menandakan jeleknya manajemen diri. Hal ini bisa mengakibatkan kita menunda pekerjaan karena waktu yang kacau membuat kita harus mendahulukan pekerjaan yang sudah didepan mata sehingga akhirnya mengorbankan pekerjaan lain.

Kebiasaan penundaan semacam ini bisa menyebabkan tertumpuknya suatu tugas. Dan saat tugas-tugas itu jatuh tempo secara bersamaan maka kita akhirnya merasakan kekurangan waktu. Padahal itu karenak penundaan kecil yang sering kita lakukan dan manajemen diri yang buruk.

7. Kurangnya motivasi

Jika Anda memiliki motivasi rendah dan merasa bahwa yang Anda kerjakan membosankan serta kurang bisa memuaskan batin walau mungkin uangnya banyak maka hal ini harus segera diatasi.

Jika Anda merasa motivasi Anda rendah maka Anda akan memiliki kecenderungan untuk menunda pekerjaan. Jadi solusinya bisa dengan mencari manfaat/ yang bisa membuat Anda termotivasi untuk melakukan hal yang diperlukan. Anda juga harus segera mencari tahu apa yang sebenarnya bisa membuat Anda merasa berharga, berguna , dan bergairah dalam hidup ini. Temukan tujuan hidup Anda yang bisa memenuhi hal itu.

Itulah tadi ulasan beberapa penyebab dari kebiasaan menunda dan cara mengatasinya. Semoga bisa bermanfaat.

Thanks to Ariesandi


Cara Paling Efektif dan Ampuh Mengatasi Kebiasaan Menunda Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sulham Syahid