Wednesday, November 6, 2013

Tips cara mencegah agar tidak mabuk ketika naik mobil

Cemumut.comTips cara mencegah agar tidak mabuk ketika naik mobil - Cara efektif kurangi mual dan pusing ketika perjalanan menggunakan mobil - Cara ampuh mengatasi mabuk perjalanan darat.

mabuk, mobil


Apa sih penyebab orang mabuk, mual, keringat dingin, muntah dan kelelahan ketika naik mobil atau perjalanan darat? Ya, karena hal ini disebabkan kacaunya sistem saraf yang mendeteksi gerakan tubuh. Ketika tubuh bergerak secara alami maka sistem saraf akan terkoordinasi secara baik. Tapi ketika tubuh bergerak menggunakan alat transportasi maka sistem saraf ini mengirim pesan yang bertentangan ke otak. Nah itulah gejala yang sering membuat banyak orang menjadi mual, pusing dan muntah ketika naik mobil.

Ketika mabuk kendaraan, Anda akan kurang menikmati perjalanan apalagi ketika Anda melakukan perjalanan wisata. Nah, Bagi Anda yang sering mengalami hal demikian mungkin ini bisa menjadi referensi yang bisa Anda coba untuk mencegah agar tidak mabuk saat naik mobil ataupun berkendaraan.

Inilah beberapa tips cara mencegah agar tidak mabuk ketika naik mobil :

1. Duduk di bagian depan

Tahu kenapa sopir mobil jarang mabuk? ya, karena sopir mobil selalu fokus pada jalan di depannya. Dengan duduk di depan, Anda tidak hanya akan memiliki ruang pandang tapi juga bebera mobil cenderung lebih nyaman duduk di bagian depan. Jika mengemudi tidak mungkin atau tidak diinginkan, memvisualisasikan mengemudi atau berpura-pura Anda sedang mengemudi. Dengan melakukan hal demikian Anda dapat mencegah atau mengurangi mual ketika naik mobil.

2. Perhatikan Asupan makan

Sebelum melakukan perjalanan dengan mobil sebaiknya perut Anda tidak dalam keadaan kosong tapi juga tidak terlalu kenyang. 

Tips jangan mengkomsumsi makan yang lama waktu untuk dicerna, mengandung banyak lemak, pedas atau mempunyai aroma kuat, dan usahakan jangan mengkomsumsi makanan mengandung banyak kuah. Akan lebih baik Anda mengkomsumsi makanan yang tidak terlalu berat misalnya sedikit nasi dengan tempe dan tahu.

3. Nikmati pemandagan di sekitar

Hal ini membuat Anda lebih santai, menikmati pemandangan dari jendela mobil akan mengirim sinyal ke otak bahwa tubuh Anda sedang bergerak. Jangan terlalu fokus pada hal-hal yang dekat dengan anda misalnya handphone atau gadget tapi fokuskan pandangan pada objek-objek yang jauh untuk mengurangi pesan simpang-siur yang terkirim ke otak dari lingkungan. Dan akan lebih baik jika Anda membuka jendela kendaraan sehingga hembusan angin bisa menerpa wajah Anda. Dengan melakukan cara ini, saraf-saraf di kulit akan menerima pesan bahwa tubuh Anda sedang bergerak. Sehingga membuat ada tidak merasa mual atau mabul.

4. Minum obat anti-mabuk

Mengkomsumsi obat anti-mabuk, hal ini dimaksudkan untuk bisa mengurangi rasa mual dan pusing. Tapi perlu Anda perhatikan dan waspadai karena obat antimabuk yang beredar biasanya menyebabkan kantuk. Jadi jangan meminum obat antimabuk saat Anda harus menyetir kendaraan. Saat naik kendaraan umum, sebaiknya Anda juga membatasi konsumsi obat membuat Anda kurang waspada terhadap ancaman kejahatan. 

5. Kunyah permen 

Permen yang efektif mengurangi rasa mual dan mabuk yaitu permen jahe atau mint. Cara ini merupakan salah satu alternatif yang paling tepat kalau Anda tidak mau meminum obat mabuk. Permen yang beraroma jahe atau mint bisa mengurangi mual dan mencegah muntah. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi tablet dan minuman jahe instan yang saat ini mudah ditemukan di pasaran.

6. Mendengar Musik berirama lembut

Hal ini membuat pikiran Anda tenang sehingga mengurangi rasa mual dan pusing saat berkendaraan mobil. Tips, putarlah lagu-lagu yang berirama lembut

7. Gerakkan tubuh

Karena otot yang kaku membuat Anda lebih mudah terkena mabuk ketika naik mobil. Tips : Cobalah lakukan senam ringan di kursi untuk meregangkan otot-otot yang kaku. Anda bisa menundukkan badan sampai kepala menyentuh lutut. Gerakan ini bisa membuat darah mengalir ke kepala sehingga mengurangi mual dan pusing.

Itulah tadi beberapa cara mencegah agar tidak mabuk ketika naik mobil. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda yang sering mengalami hal demikian. 

Jangan ketinggalan membaca artikel ini:

1. Cara Ampuh Mengatasi Insomnia Tanpa Obat
2. Cara mengobati sakit tenggorokan secara alami dan cepat
3. Tips Cara Menghilangkan Jerawat secara Alami dan Cepat



Tips cara mencegah agar tidak mabuk ketika naik mobil Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sulham Syahid