Thursday, December 27, 2012

Budaya yang tidak baik pada mahasiswa

Budaya yang tidak baik pada mahasiswa | Kebiasaan Buruk yang sering di Lakukan Mahasiswa / Mahasiswi - Sebelum melanjutkan tulisan saya ini, saya ingin memperkenalkan diri, nama saya sulham syahid seorang mahasiswa dari Universitas Hasanuddin jurusan ilmu kelautan. Saya menuliskan nama bukan karena ingin eksis kayak selebritis tapi ingin mempertanggung jawabkan tulisan ini.

Dasar saya menuliskan artikel ini karena kenyataan yang saya lihat langsung setiap hari, ditambah beberapa diskusi dari beberapa teman dari fakultas lain. Saya menuliskan judul "Kebiasaan buruk pada mahasiswa" tentu dalam tanda kutip. saya hanya menuliskan sesuai kenyataan yang saya alami dan saksikan sendiri. oke .

Beberapa kebiasaan buruk mahasiswa :

1. Copy Paste

copy paste, copas, stop copy paste copas

Copy Paste atau disingkat Copas memeng sangat merajalela dikalangan mahasiswa sekarang. Alasan yang tentunya berbeda-beda, misalnya kemudahan dalam menyelesaikan tugas-tugas atau karena kepepet.

Kebiasaan buruk ini, harusnya mahasiswa sadari. Ya, mungkin Anda bertanya "kenapa harus?" ya, karena Copas ini "membunuh" karakter mahasiswa itu sendiri. Universitas, Fakultas, Jurusan maupun orangtua pasti tidak mengarapkan kita kuliah hanya copas artikel dari sebuah website/orang lain. 

Dampak dari kegiatan copy paste bagi mahasiswa sebenarnya sangat banyak, namun tidak disadari secara langsung. Diantaranya :
  • Melemahnya budaya menulis mahasiswa karena sudah terbiasa dengan hal-hal yang sifatnya praktis. 
  • Minat membaca mahasiswa menjadi kurang. 
2. Menyontek saat Ujian / Kuis

menontek di kelas, kebiasaan buruk mahasiswa

Kebiasaan buruk mahasiswa yang paling sering saya saksikan adalah nyontek saat ujian ataupun kuis. Triknya bermacam-macam, contohnya : 
  • Cara klasik, Menoleh kiri kanan
  • Membuat sebuah konsep materi ukuran mini yang dibuka pas ujian / kuis
  • Memotret slide materi dosen kedalam handphone yang dilihat pas ujian / kuis
  • Menulis materi ditangan
Bagi beberapa "Mahasiswa" nyontek sudah menjadi hal yang biasa, namun bagaimanapun nyontek tidak dibenarkan. Menyontek = membohongi diri sendiri, untuk apa sebuah apresiasi kalau hasil dari nyontek, itukan sama aja bohong. Alasan beberapa teman nyontek biasanya karena ingin mendapatkan nilai yang baik, Iya gak? Hm, Bila menginginkan hasil ujian yang baik, maka pastinya ya belajar! "Hasil yang baik pasti butuh usaha yang lebih"

3.  Main Game, SMS-an, BBM, chating Pada saat Belajar di Kelas


kebiasaan mahasiswa, chating saat kuliah, belajar


Main game, SMS-an, BBM-an atau Chating merupakan penyakit baru mahasiswa zaman sekarang. Ya, kalau hal-hal ini dilakukan bukan pada waktu perkuliahan, ini sangat-sangatlah wajar atau bukan sebuah masalah! tapi kalau dilakukan pada jam perkuliahkan maka akan berdampak pada :
  • Cenderung kita sulit untuk bisa memperhatikan perkuliahan dan berisiko memiliki hasil belajar yang buruk
Studi yang baru-baru ini dipublikasikan di jurnal milik National Communication Association AS, Communication Education. mengatakan bahwa "Otak akan bingung jika dipaksa multitasking". Ya, mungkin sebagian mahasiswa yakin bahwa mereka dapat memperlihatkan perilaku multitasking selama pembelajaran di kelas seperti mendengarkan kuliah dan SMS-an secara bersamaan, Namun kekhawatiran sebenarnya adalah bukannya apakah mahasiswa dapat belajar di bawah kondisi multitasking, namun seberapa baik mereka dapat belajar jika tak bisa mempertahankan perhatian penuh.

4. Budaya Titip Absen

titip absen , mahasiswa titip absen, budaya titip absen mahasiswa

Entah kapan budaya titip absen ini pertama kali dilakukan, tapi tak penting siapa yang mulai tapi yang jelas sekarang, kebiasaan titip absen masih menjadi budaya buruk pada mahasiswa alias belum hilang dari peredaran. Beberapa mahasiswa mengatakan bahwa "titip absen itu hal yang lumrah dan wajar-wajar saja" dan bukan suatu pelanggaran berat, Kata mereka.

Alasannya macam-macam, contohnya : Telat Bangun / ketiduran, Lupa kalau ada kuliah, Ada acara lain dan banyak lagi. Tentunya kalau kita sebagai teman baik sang penitip absen, kita cendrung membantunya, biar nilainya tidak dapat E (Error). Masalahnya sekarang, apakah kita membantu atau hanya membuatnya makin malas? Pikir dan jawab sendiri ya.

Itulah tadi beberapa kebiasaan buruk mahasiswa, sebenarnya ada banyak tapi inilah hal yang paling sering saya lihat langsung di dunia kampus. Tulisan saya diatas sama sekali tidak bermaksud untuk menceramahi Anda tapi hanya ingin berbagi pengalaman. Kalau ada sesuatu yang Anda ingin sharing / kritik dari tulisan diatas, silahkan tuliskan komentar Anda. 

Jangan lupa membaca artikel saya sebelumnya : Motivasi untuk mahasiswa | Fakta Lucu tentang Mahasiswa |

@sulhamsyahid
add me on facebook : Klik disini 
>>>> cemumut.com  <<<<

Budaya yang tidak baik pada mahasiswa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sulham Syahid

0 komentar: